Selasa, 25 Mei 2010

HUNTING PHOTO (JAKARTA UTARA)

Hunting foto yang diadakan oleh klub fotografi mahasiswa se jakarta, bernama PANORAMA. Awalnya sih hanya ikut iseng-iseng aja tapi jadi menarik juga kalau kita hunting foto ramai-ramai. Apalagi yang ikut hunting dari berbagai universitas di jakarta dan ada pula yang datang dari bandung.
Sebenarnya hunting foto ini diadakan 2 hari, tetapi saya hanya ikut yang hari pertama. Awal dari hunting ini adalah berkumpul di universitas perbanas jam 8 pagi. Setelah menunggu cukup lama dan panas, akhirnya kita pun berangkat menuju ke lokasi hunting, hunting foto kali ini memiliki tema melestraikan kebudayaan Jakarta Utara (dalam program pemerintah).

Tempat pertama yaitu, GALANGAN VOC

Galangan VOC

Galangan VOC dahulu pada zaman penjajahan Belanda digunakan sebagai kapal-kapal yang berdatangan dari luar Sunda Kelapa untuk menurunkan muatan dari kapal, di depan galangan VOC terdapat sebuah kali besar (digunakan untuk transportasi kapal-kapal pengangkut barang)

Terdapat cafe dan tempat les menari


Di dalam Galangan VOC

Kereta pada zaman Belanda


Suasana lantai 2 galangan VOC


Tangga menuju lantai 2


Kakek dan nenek yang masih berlatih bermain musik tradisonal Cina di halaman Galangan VOC

Setelah Galangan VOC, saya menuju MENARA SYAHBANDAR yang letaknya tidak jauh dari galangan VOC (hanya tinggal menyeberang). Konon menara ini dulunya digunakan untuk mengawasi kapal-kapal yang datang dari luar Sunda Kelapa, baik itu kapan VOC sendiri, pedagang maupun kapal-kapal asing.

Papan Menara Syahbandar


Dari menara Syahbandar mengahadap galangan VOC


Dari menara Syahbandar mengahadap pelabuhan Sunda Kelapa


Dari menara Syahbandar


Lubang di menara Syahbandar


Setelah dari menara syahbandar saya menuju ke lokasi berikutnya, yaitu MUSEUM BAHARI. Museum Bahari adalah museum yang memiliki benda-benda sejarah berupa kapal dan beberapa benda-benda laut yang lainnya, terlihat sepi pengunjung pada museum ini. Padahal museum ini cukup besar namun seperti biasa, museum seperti ini kurang di urusi/ dirawat oleh pemerintah.

Pintu masuk museum Bahari


Isi dari museum Bahari


Lorong di museum Bahari


Tangga aneh yang terdapat di museum


Museum Bahari pun selesai dikunjungi, tujuan berikutnya lagi ada KLENTENG ANCOL. Disini juga merupakan salah satu tempat bersejarah, hanya saja saya lupa akan cerita sejarah tersebut. Dengan berkendaraan bus kami meluncur ke Ancol.

Gerbang masuk Klenteng Ancol

Salah satu bagian dari Klenteng Ancol


Tempat pembakaran


Tempat berdoa


Tempat berdoa


Sudah merasakan bagaiaman moto di wihara, kami berlanjut masih di daerah ancol, yaitu YACHT CLUB. Pasti jarang banget atau malah tidak pernah dengar sama sekali nama klub ini. Ini adalah klub atau tempat latihan bagi mereka yang menyukai berselancar. Saat saya datang ke tempat ini sedang ada pelatihan oleh 3 orang anak yang masih muda, kira-kira sekitar umur 18-19 tahun. mereka sedang dalam pelatihan untuk mengikuti suatu lomba. Sayangnya saya tidak memiliki foto saat mereka berselancar, mungkin anda bisa mencarinya di google.

Senja di yacht club

Senja di yacht club

Pekerja yang sedang membuat kapal

Senja di yacht club

Itu lah foto-foto hunting yang saya lakukan bersama klub panorama dan beberapa universitas lainnya, mungkin saja bisa jadi tempat wisata baru bagi teman-teman yang meluangkan waktunya membaca blog saya.


stefanus_photographyfilm@2009

1 komentar:

  1. Menarik foto-foto tentang Galangan VOC, saya baru ke sana, laporannya ada di:
    http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150249718381362

    BalasHapus